Jakarta - Saat ini banyak orang yang melakukan beragam investasi untuk mengembangkan dana yang mereka miliki. Banyak sekali jenis investasi yang bisa dijalankan, mulai dari yang tidak berisiko hingga yang memiliki risiko tinggi.

Prinsip dari sebuah investasi adalah ketika menghasilkan keuntungan yang tinggi maka risiko yang didapat juga pasti tinggi. Begitupun sebaliknya, ketika menjalankan investasi dengan keuntungan yang tidak terlalu besar maka risiko yang dihadapi juga sangat rendah.

Meskipun banyak sekali risiko yang bisa terjadi ke depannya, namun banyak hal yang menjadi alasan mengapa seseorang melakukan investasi, salah satunya keuntungan.


Berikut 6 keuntungan yang diraup orang yang berinvestasi seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Mendapatkan Keuntungan

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin menjalankan investasi adalah keuntungan yang didapat. Bahkan dapat dikatakan alasan ini menjadi landasan utama mengapa banyak orang melakukan investasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, investasi memang menjamin keuntungan yang begitu menguntungkan. Bahkan keuntungan tersebut tidak didapatkan dari sebuah kerja keras. Anda hanya perlu menyetorkan uang sebagai modal investasi sebuah perusahaan dan Anda akan mendapatkan keuntungan pada saat perusahaan mendapat profit.


2. Mengembangkan Kekayaan

Keuntungan lainnya mengapa banyak orang yang memilih investasi adalah dikarenakan dapat mengembangkan uang yang dimiliki dalam jumlah yang lebih banyak tanpa membuat Anda harus bekerja keras. Yang perlu dilakukan adalah menyisihkan keuntungan yang didapat serta memilih jenis investasi yang tepat untuk dijalankan.

Masa depan


3. Kebutuhan Masa Depan

Hal lainnya adalah berkaitan dengan masa depan. Investasi dapat dijadikan sebagai jaminan masa depan. Kondisi dari masa depan tidak bisa diprediksi, sehingga Anda harus memiliki sesuatu yang dapat membantu Anda ke depannya. Misalnya saja ketika berinvestasi saham saat ini, beberapa tahun ke depannya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Saham yang dimiliki bisa meningkat dan dapat dijual dengan harga yang tinggi. Anda juga bisa mencoba bisnis properti yang lebih mudah dijalankannya. Setiap tahun, harga properti terus meningkat dan dapat digunakan sebagai aset kekayaan yang dapat dijual beberapa tahun ke depannya. Dengan begitu masa depan Anda bisa terjamin untuk tercukupi.


4. Keperluan Bisnis

Bagi yang memiliki bisnis, investasi sangat penting untuk kepentingan bisnis Anda baik dalam skala yang kecil maupun besar. Prinsip dasar yang digunakan pada investasi sama dengan bisnis seperti dalam menganalisis resiko, menangkap peluang, dan lainnya. Dengan adanya investasi, tidak hanya dapat membantu Anda untuk mengembangkan modal dan bisnis saja, namun juga dapat untuk menjadi pengusaha yang sukses.


5. Penghasilan Tambahan

Keuntungan lainnya adalah investasi yang dijalankan dapat digunakan sebagai penghasilan tambahan setelah pemasukan utama Anda. Misalnya saja jika berinvestasi properti rumah, Anda bisa menyewakan pada orang lain. Biaya dari sewa tersebut dapat menjadi penghasilan tambahan Anda. Sehingga Anda akan memperoleh keuntungan namun aset atau properti tersebut masih menjadi miliki Anda. sangat menguntungkan bukan?


6. Tabungan Pensiun

Hal lainnya yang menjadi alasan mengapa banyak orang menjalankan investasi adalah investasi dapat dijadikan sebagai tabungan di hari tua. Untuk menyiapkan tabungan pensiun, Anda dapat menyiapkannya meskipun di usia yang masih sangat muda. Hal ini agar Anda bisa menghadapi masa pensiun dengan lebih matang. Anda bisa memilih investasi jangka panjang sedari dini, sehingga keuntungannya akan bisa dirasakan nanti ketika sudah memasuki masa pensiun.


Kenali Investasi Lebih Dalam Sebelum Memulainya

Tentunya setiap investasi yang dikerjakan memiliki keuntungan dan kelemahan tersendiri. Agar investasi yang Anda jalankan mendapatkan keuntungan yang maksimal, tentunya Anda harus mempelajari secara detail yang dikerjakan.